Translate

Tuesday, April 8, 2014

"Mata" Inti rahasia Sebuah Foto Portrait ( Tutorial Membuat Mata Lebih Bersinar)




 Tutorial Membuat Mata Lebih Bersinar


Setelah melihat banyak Foto yang telah saya buat, baik yang saya edit dengan photoshop atau tidak di lakukan edit sama sekali. saya kali ini kepingin membuat panduan fotografi  ini , untuk tujuan membantu rekan-rekan, di mana mungkin dengan pengetahuan saya yang sedikit ini bisa sedikit memberi gambaran cara mengedit foto dengan sebuah sofware (Photoshop)

editan kali ini mungkin hanya sedikit melakukan koreksi, tetapi hasilnya akan sangat berbeda dan lebih artistik dan lebih dalam. (menurut pendapat saya)

dalam ilmu fotografi dijelaskan kalau sebuah foto Portrait ditentukan dengan jiwa sebuah "Mata", karena foto portrait dengan hanya melihat mata dari obyek, kita bisa berpikir dan mendalami jiwa sebuah foto.
emosi akan terpancar dengan fokus ke "mata" 



Foto diatas akan menjelaskan bagaimana perbedaan foto -1 dan foto - 2.
('Auryn' Putri saya sebagai Model)

Picture-1

jika kita melihat Picture-1, maka kita akan melihat keseluruh bagian foto. karena tidak ada gambar yang menonjol dari portrait itu sendiri, semua sama Hitam dan putih.
tetapi berbeda jika kita  melihat Picture-2. 

Picture 2

di foto-2 ini jika kita melihat, maka mata kita akan langsung tertuju ke mata anak kecil ini (Putri saya sebagai Model)
ini dikarenakan kontras mata putri saya sedikit berbeda dengan keseluruhan foto. tampak lebih bercahaya.

Tutorial

setelah melihat konsep editing dari foto ini maka, saya akan sedikit memberi cara bagaimana membuat mata putri saya supaya terlihat lebih bercahaya, walaupun ini foto B&W.

  • buat layer baru dengan cara seperti kotak dibawah ini atau (Shift+Ctrln+N) dan akan keluar kotak jendela kecil seperti dibawah ini. 

  • Masih di layer baru, Klik Brush dengan warna Putih. 
Atur besarnya (master diameter dan Hardness dari Brush sesuai dengan file gambar yang akan di edit) 


sapukan di atas mata poto tersebut ( masih di layer baru-layer-1)
Atur blending mode dengan Overlay
(atur opacity nya, jangan sampai hasil akhir akan tampak seperti orang buta, karena terlalu putih)


Setelah semua tahap selesai maka hasilnya akan seperti foto di bawah ini


 *Ini hanya salah satu cara yang paling mudah menurut saya, karena banyak cara untuk mengatur gambar seperti diatas, untuk foto berwarna juga sedikit berbeda, atau jika warna mata dari obyek berwarna biru atau hijau, maka cara mengeditnya akan sedikit berbeda....



====== Semoga bermanfaat ====



No comments:

Post a Comment

Entri Populer